Jurusan Kebidanan

Program Studi D-III Kebidanan

Dalam penyelenggaraan pendidikan Diploma III Jurusan Kebidanan bertujuan menghasilkan tenaga bidan profesional pada tingkat Ahli Madya Kebidanan, yang mampu melaksanakan tugas dengan kompetensi sebagai berikut:

  1. 1. Mengembangkan diri sebagai bidan profesional yang berkepribadian Indonesia.

  2. 2.Menerapkan konsep dan prinsip serta keilmuan dan keterampilan yang mendasari profesionalisme bidan dalam memberikan asuhan dan pelayanan kebidanan.

  3. 3. Melaksanakan asuhan kebidanan secara profesional pada wanita dalam siklus kehidupannya (remaja, pra perkawinan, ibu hamil, persalinan, nifas, klimakterium, menopause dan masa antara, asuhan neonatus, bayi dan anak balita) di semua tatanan pelayanan kesehatan di institusi dan komunitas.

  4. 4. Mengembangkan sikap profesional dalam praktik kebidanan, komunikasi interpersonal dan konseling serta menjalin kerjasama dalam tim kesehatan.

  5. 5. Memberikan pelayanan kebidanan dengan mempertimbangkan kultur dan budaya setempat dengan melakukan upaya promosi dan prevensi kesehatan reproduksi melalui pendidikan kesehatan, pemberdayaan wanita, keluarga serta masyarakat dengan tidak mengabaikan aspek kuratif dan rehabilitatif.

Visi : 

Program  Studi D-III Kebidanan memiliki visi yaitu menghasilkan lulusan Ahli Madya Kebidanan yang unggul dalam asuhan kebidanan berbasis pendekatan responsif gender dengan pemanfaatan teknologi tepat guna pada tahun 2025.

Misi

  1. 1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran dengan mengimplementasikan asuhan kebidanan yang berbasis filosofi kebidanan dengan pendekatan responsif gender. 

  2. 2. Melaksanakan penelitian kebidanan yang mendukung   pengembangan model praktik bidan.

  3. 3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang dapat meningkatkan derajat kesehatan melalui pemberdayaan perempuan dan keluarga.

  4. 4. Menjalin jejaring kerjasama lintas program maupun lintas sektoral dengan institusi lain yang terkait baik regional, nasional , internasional.

Tujuan Program Studi

  1. 1. Melaksanakan proses pendidikan dan pengajaran yang berwawasan global 

  2. 2. Menghasilkan tenaga bidan profesional pada tingkat Ahli Madya kebidanan yang unggul dalam teknologi kebidanan sesuai filosofi kebidanan, standar kompetensi bidan Indonesia dan mengikuti perkembangan profesi.

  3. 3. Mengembangkan keilmuan dan ketrampilan yang mendasari profesionalisme melalui  kegiatan penelitian

  4. 4. Menggerakkan peran serta masyarakat dengan melakukan upaya promosi dan prevensi kesehatan melalui pendidikan kesehatan, pemberdayaan perempuan, keluarga serta masyarakat dengan tidak mengabaikan aspek kuratif dan rehabilitatif.

  5. 5. Mengembangkan sikap profesional dalam membangun kerjasama dengan pihak terkait melalui lintas program maupun lintas sektoral dalam pelayanan kebidanan. 

Program Studi D III Kebidanan adalah program studi yang menyelenggarakan pendidikan D III Kebidanan yang kampusnya berlokasi di Jalan Arteri JORR Jatiwarna, Pondok Melati Bekasi 17415. 

 

Program Pendidikan Profesi Bidan

Visi

Menghasilkan bidan profesi yang responsif gender melalui pengembangan teknologi dan Model asuhan kebidanan berkesinambungan (CoMC) pada tahun 2028.

Misi

  1. 1. Menyelenggarakan pendidikan berkualitas untuk menghasilkan lulusan bidan profesi yang memiliki sikap responsive terhadap keadilan gender dan mampu mengembangkan model dan teknologi asuhan kebidanan berkesinambungan (CoMC).

  2. 2. Menyelenggarakan penelitian berkesinambungan dalam memanfaaktakan dan mengembangkan teknologi yang mendukung penguatan keilmuan kebidanan, pengembangan model asuhan kebidanan berkesinambungan (CoMC) yang responsive gender dan pengambangan teknologi tepat guna.

  3. 3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk mewujudkan generasi berkualitas dan keadilan gender melalui pengembangan model dan teknologi asuhan kebidanan berkesinambungan (CoMC).

  4. 4. Mengembangkan Jejaring kerja dalam pengembangan teknologi dan model CoMC, peningkatan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat serta pendayaguaan lulusan.

Tujuan

  1. 1. Menjamin ketersediaan sumber daya pendidikan handal

  2. 2. Terselenggaranya kualitas pembelajaran yang optimal yang menghasilkan lulusan profesi bidan yang professional dan memiliki responsive untuk mencapai keadilan gender untuk mengembangkan pelayanan kebidanan yang berkualitas dan berkesinambungan (CoMC).

  3. 3. Terselenggaranya penelitian yang mendukung pengembangan model dan teknologi asuhan kebidanan berkesinambungan (CoMC) dan asuhan kebidanan yang sensitif gender.

  4. 4. Terwujudnya upaya pengabdian kepada masyarakat sebagai kontribusi dalam pemberdayaan perempuan, keluarga, dan masyarakat khususnya dalam bidang kesehatanyang berkeadilan gender.

Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Profesi (klik disini)

 

 

Program Studi Sarjana Terapan Promosi Kesehatan

Visi

Visi Pendidikan Sarjana Terapan Promosi Kesehatan adalah menghasilkan Promotor yang unggul dalam pemberdayaan masyarakat Perkotaan berbasis teknologi Informasi tepat guna dan Inovatif pada tahun 2028.

Misi :

  1. 1. Menyelenggarakan pendidikan Sarjana Terapan Promosi Kesehatan yang menguasai iptek di bidang kesehatan, berbudaya dan berkarakter.

  2. 2. Menerapkan dan mengembangkan iptek inovatif dalam promosi kesehatan melalui penelitian terapan.

  3. 3. Menyelenggarakan, membina dan mengembangkan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan teknologi kesehatan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat perkotaan.

  4. 4. Menyelenggarakan kemitraan dengan berbagai institusi nasional untuk membangun kekuatan bersama dalam menghadapi tantangan global.

  5. 5. Menerapkan advokasi,bina suasana dan gerakan masyarakat perkotaan dalam mencapai Indonesia Unggul.

Tujuan :

  1. 1. Dihasilkannya Sarjana Terapan Promosi Kesehatan yang kompeten dalam memanfaatkan IPTEKS dan  berstandar global bagi  individu, keluarga, dan masyarakat pada tatanan pelayanan kesehatan primer, sekunder dan tersier.

  2. 2. Dihasilkannya Sarjana Terapan Promosi Kesehatan kompeten yang mampu dalam mengaplikasikan bidang keahlian dan memanfaatkan teknologi tepat guna pada masyarakat perkotaan

  3. 3. Dihasilkannya Sarjana Terapan Promosi Kesehatan yang kompeten dalam pengembangan media inovatif sehingga mampu menyelesaikan masalah serta beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi masyarakat khususnya di perkotaan.

  4. 4. Dihasilkannya Sarjana Terapan Promosi Kesehatan yang kompeten dalam menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan promosi kesehatan serta mampu mempormulasikan penyelesaian masalah sesuai prosedur yang berlaku.

  5. 5. Dihasilkannya Sarjana Terapan Promosi Kesehatan yang kompeten dalam menguasai konsep teoritis dan mengintegrasikan kegiatan pemberdayaan masyarakat khususnya dipertkotaan.

  6. 6. Dihasilkannya Sarjana Terapan Promosi Kesehatan yang kompeten dan mampu dalam mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data serta mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi pemecahan masalah secara mandiri dan kelompok di lingkungan masyarakat

Struktur organisasi Jurusan Kebidanan adalah sebagai berikut:

Ketua Jurusan

: Erika Yulita Ichwan, SST, M.Keb

Sekretaris Jurusan

: Diana Hartaty Angraini, S.ST, M.Keb

Ketua Program Studi Diploma III

: Hamidah, Am.Keb, S.Pd, M.Kes

Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Sarjana
Terapan

: Shentya Fitriana, SST, M.Keb

Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Bidan Program Profesi

: Juli Oktalia, SST, M.A

Ketua Program Studi Sarjana Terapan Promosi Kesehatan

:

 

 




Link Tautan